Uji Run Wald-Wolfowitz

Tes ini digunakan untuk memeriksa/menguji apakah dua sampel random yang diambil berasal dari populasi yang sama atau tidak. Perbedaan itu dapat terjadi dalam hal: rata-rata, variabilitas, kemencengan atau pun hal lain. Uji Wald-Wolfowitz pada prinsipnya menggunakan banyaknya rangkaian yang terdapat pada dua buah sample. Distribusi sampel diuji berdasarkan pada banyaknya Runs dalam kedua sampel. Skala data minimum yang dapat digunakan adalah skala ordinal.

Tahapan penggunaan :
  • Dua set sampel dari kelompok berbeda yang ukurannya n1 dan n2, lalu kita rangking semua skor yang ada dalam satu urutan. 
  • Selanjutnya kita tentukan banyak run didalam urutan tersebut.
Run adalah sembarang urutan skor-skor yang tidak terputus yang berasal dari kelompok yang sama.

Secara umum hipotesis yang muncul:
H0 = dua sampel yang diambil berasal dari populasi yang sama
H1 = dua sampel yang diambil berasal dari populasi yang berbeda

Bila r observasi kurang dari atau sama dengan nilai r kritis, maka H0 dapat ditolak pada α=0,05.
Bila r observasi lebih besar dari yang ditunjukkan pada nilai r kritis maka H0 gagal ditolak pada α=0,05. 

Contoh kasus sampel kecil : Dua belas anak lelaki dan perempuan berusia 4 tahun diobservasi dalam waktu bermain yang panjangnya 15 menit, dan masing-masing anak diberi skor untuk kejadian dan tingkat agresi. Dengan skor-skor ini ingin diketahui apakah ada perbedaan agresi karena jenis kelamin. Skor agresi anak lelaki dan perempuan :
Penyelesaian : Pengujian ini dapat dilakukan dengan menggunakan tes Run Wald-Wolfowitz karena data berada dalam skala ordinal dan hipotesisnya mengenai perbedaan sembarang antara skor agresi dua kelompok independen (anak lelaki dan anak perempuan) Hipotesis : Ho : kejadian dan derajat agresi sama di kalangan anak berusia 4 th dari kedua jenis kelamin H1 : anak lelaki dan anak perempuan berusia 4 th menunjukkan perbedaan dalam hal kejadian dan derajat agresi Taraf signifikansi : α = 0.05 Wilayah tolak : r hitung ≤ r tabel Statistik hitung : n1 (lelaki) = 12 n2 (perempuan) = 12 Data yang telah diurutkan berdasarkan nilai dan run adalah sbb :
Run hitung = 4 Run berdasar tabel untuk n1 = 12 dan n2 = 12 adalah 7

Keputusan : Run hitung ≤ nilai kritis , sehingga tolak Ho pada taraf signifikansi 0.05

Kesimpulan : anak lelaki dan anak perempuan berusia 4 th menunjukkan perbedaan dalam hal kejadian dan derajat agresi

No comments:

Post a Comment